This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Labels

Pages

Senin, 09 Juli 2012

Sesepuh


MENGENAL PENGARANG KITAB JURUMIYYAH : IBNU AJURRUM ASH-SHANHAJI

Oleh : Abdullah Abdulkarim Lc.
Nama lengkapnya adalah Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud Al-Shinhâji, dengan mengkasrahkan shod , bukan dengan memfathahkannya seperti yang sering disebutkan oleh sebagian kalangan. Kalimat Al-Shinhâji ini seperti yang diriwayatkan oleh Al-Hamîdi dinisbatkan kepada salah satu kabilah yang berada di Negeri Maroko yaitu kabilah Shinhâjah.Nama ini kemudian dikenal sebagai Ibnu Âjurrûm.
Ibnu Âjurrûm dialhirkan di kota Fasa, -sebuah kota besar di Negara Maroko – pada tahun 672 H yaitu tahun wafatnya Imam Malik dan wafat di kota itu hari Senin ba’da Dzuhur tanggal 20 Shafar Tahun 723 H.
Beliau menimba ilmu di Fasa, kampung halamannya, hingga pada suatu hari beliau bermaksud untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Ketika melewati Mesir, beliau singgah di Kairo dan menuntut ilmu kepada seorang ulama nahwu termasyhur asal Andalusia, yaitu Abû Hayyân pengarang kitab al-Bahru al-Muhith sampai mendapat restu untuk mengajar dan dinobatkan sebagai salahsatu imam dalam ilmu gramatikal bahasa arab atau ilmu nahwu.
Selain terkenal sebagai ulama nahwu, beliau juga terkenal sebagai ahli fikih, sastrawan dan ahli matematika, di samping itu beliau menggeluti ilmu seni lukis, kaligrafi dan tajwid. Karya yang dipersembahkannya berupa kitab-kitab yang ia karang dalam bentuk arjuzah, bait-bait nadzam dalam ilmu qiro’at dan lain sebagainya. Dua diantara karyanya yang terkenal adalah kitab Farâ’id al-Ma’âni fî Syarhi Hirzi al-Amâni dan kitab ini Al-Muqaddimah Al-Âjurrûmiyyah.
------------
Pengarang kitab ini yang tidak lain adalah Ibnu Ajurrum tidak memberikan nama khusus untuk kitabnya. Dalam penamaannya kitab ini dikenal dengan nama yang dinisbatkan kepada pengarangnya, sehingga kitab ini dikenal dengan nama al-Âjurrûmiyyah atau al-Jurmiyyah. Sebagaimana tatacara penisbatan dalam gramatikal bahasa arab bahwa murokkab idhofi atau kata kompleks yang disandarkan seperti kata Ibnu Âjurrûm pada bab nisbat biasanya dihapus awal katanya dan dinisbatkan pada kata kedua.(lihat Alfiah Ibnu Malik, Bab Nasab bait 870-871).
Kitab ini dikenal juga dengan nama Al-Muqaddimah Al-Âjurrûmiyyah atau Muqaddimah Ibnu Âjurrûm.Dinamakan Muqaddimah karena bentuk karangannya adalah muqaddimah atau dalam bahasa indonesianya bentuk karangan prosa bukan berupa bait-bait nadzam.
Selain tidak memberi nama khusus pada kitabnya, Ibnu Ajurrum juga tidak menyebutkan kapan kitab ini dikarang sehingga para penulis biography tidak mengetahui secara pasti kapan kitab ini disusun. Hanya saja Ibnu Maktum yang sejaman dengan Ibnu Ajurrum dalam Tadzkirahnya menyebutkan bahwa kitab itu dikarang sekita tahun 719 H.
Adapun tempat penulisan kitab ini, Al-Râ’i, Ibnu al-Hâj dan al-Hamîdy meriwayatkan bahwa Ibnu Ajurrum mengarang kitab ini sepanjang perjalanan beliau menuju Makkah.
Metode penulisannya terfokus pada judul-judul besar ilmu nahwu dan pembahasan-pembahasan pokok, sehingga kitab ini dikenal sebagai kitab yang ringkas dan padat. Imam Suyuthy dalam Bughyat al-Wu’ât menyebutkan bahwa Ibnu Ajurrum berkiblat pada ulama Kufah dalam karangan nahwunya. Hal ini dibuktikan dalam pembahasan asma’ al-khamsah yang merupakan pendapat ulama Kufah, sedang ulama Bashrah menambahkannya menjadi asma’ al-sittah. Hal lain yang mengindikasikan ke-Kufah-annya adalah dengan memasukan “kaifama” dalam jawazim , adalah hal yang ditentang oleh ulama Bashrah.
Kitab ini mendapat apresiasi yang sangat besar baik dari kalangan para ulama maupun para murid. Bentuk apresiasi ini terlihat dari munculnya para ulama yang menciptakan bait-bait nadzam, syarah dan komentar dari kitab ini.
Pengarang kitab Kasyfu al-Dzunûn menyebutkan bahwa diperkirakan lebih dari sepuluh kitab yang menjadi nadzam, syarah, dan komentar dari kitab ini.
Diantara yang menciptakan bait-bait nadzam dari kitab ini adalah Abdul Salam al-Nabrâwy, Ibrahim al-Riyâhy, ‘Alâ al-Dîn al-Alûsy dan yang paling terkenal adalah kitab Matnu al-Durrah al-Bahiyyah karangan Syarafuddin Yahya al-‘Imrîthy.
--------------
Adapun kitab-kitab yang menjadi syarah kitab ini diantaranya adalah,
1. Kitab al-mustaqill bi al-mafhumiyyah fi Syarhi Alfadzi al-Âjurrûmiyyah yang dikarang oleh Abi Abdillah Muhammad bin Muhammad al-Maliky yang dikenal sebagai al-Ra’î al-Andalusy al-Nahwy al-Maghriby.
2. Kitab al-Durrah al-Nahwiyyah fî Syarhi al-Âjurrûmiyyah karangan Muhammad bin Muhammad Abi Ya’lâ al-Husainy al-Nahwy.
3. Kitab al-Jawâhir al-Mudhiyyah fî halli Alfâdz al-Âjurrûmiyyah karangan Ahmad bin Muhammad bin Abdul Salam.
4. Kitab al-Nukhbah al-‘Arabiyyah fî halli Alfâdz al-Âjurrûmiyyah karangan Ahmad bin Muhammad bin Abdul Salam.
5. Kitab al-Duror al-Mudhiyyah karangan Abu Hasan Muhammad bin ‘Ali al-Maliky al-Syâdily.
6. Kitab al-Kawâkib al-Dhauiyyah fî halli Alfâdz al-Âjurrûmiyyah karangan Syeikh Syamsuddin Abil Azam Muhammad bin Muhammad al-Halâwy al-Muqoddasy.
7. Kitab al-Jawâhir al-Sunniyyah fî Syarhi al-Muqaddimah al-Âjurrûmiyyah karangan Syeikh Abu Muhammad Abdillah yang terkenal dengan sebutan Ubaid bin Syeikh Abul Fadly bin Muhammad bin Ubaidillah al-Fâsy
8. Kitab Syarhu al-Syeikh Khalid al-Azhary ‘alâ Matni al-Âjurrûmiyyah.
9. Kitab Syarhu al-Syeikh Yazîd Abdurrahman bin Ali al-Makûdiy al-Nahwy.
10. Kitab Al-Tuhfah al-Sunniyyah karangan Syeikh Muhammad Muhyiddin Abdulhamid.
11. Kitab Syarah milik Syeikh Hasan al-Kafrawy al-Syafi’î al-Azhary
12. Kitab Hâsyiat al-Âjurrûmiyyah karangan Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim al-Najdy.
13. Kitab Îdhôh al-Muqaddimah al-Âjurrûmiyyah karangan Syeikh Shalih bin Muhammad bin Hasan al-Asmary.
14. Kitab Al-Ta’lîqât al-Jaliyyah ‘alâ Syarhi al-Muqaddimah al-Âjurrûmiyyah karangan Muhammad Shalih al-‘Utsaimîn.
------------
Al-hamidy dalam hasyiahnya menceritakan bahwa Ibnu Ajurrum setelah selesai mengarang kitab ini, beliau melemparkan kitabnya ke laut dan berkata : “Jika kitab ini murni karena mengharap ridha Allah maka ia tidak akan basah”, dan kitab itu tetap kering. Wallahu a’Lam

Minggu, 08 Juli 2012

NYAI NAILAH BINTI YASIN BERPULANG


Innalillah wainna ilaihi roji'un !
Telah kembali keharibaan-NYA,NYAI NAILAH BINTI YASIN,smoga amal ibadahnya diterima disi Alloh serta dhapuskan smua dosanya dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran ,, amin

19 Sha'ban 1433 /  09 Juli 2012

Peninggalan

a






Biografi Syaikhona Kholil Bin Abdul Latif

Oleh Pakna Majid Mk di Bấni YASMA binti Syấichona KH.M KHOLIL bin KH.ABDUL LATHIF
 
كياهى محمد خليل بعكلان/مدورا
الإمام العارف بالله الدال الشيخ الهمام المشهور بولي الله واحد أصفيائه ذوالكرمات الباهرة والارهاصات الظاهرة العالم العلامة المقرئ الضابط المجود المفسر المحدث المسند الصرفي المرشد الثقة البارع الزاهد الصالح الورع الفقيه العابد الأستاذالكبير الحبر القدير بدرالدين محمد خليل بن عبد اللطيف البنكلانى المادورى المعمر ما فوق المأة
نسبه 
هو محمد خليل بن عبد اللطيف بن عمران بن محمد بن أحمد بن عبد الله بن أحمد بن عبد الجليل بن سونن فرافين فضل الله بن سونن قيرى محمد عين اليقين بن مولانا إسحق بن مولانا إبراهيم الأسمر بن جمال الدين الأكبر الحسين بن أحمد جلال شاه بن عبد الله عظمت خان بن الأمير عبد الملك عظمت خان بن على بن علوى بن محمد صاحب المرباط بن علوى بن عبيد الله بن الإمام المهاجر إلى الله أحمد النقيب البصرى بن الإمام عيسى الرومى الأكبر بن محمد الازرق بن على العرضى بن الإمام جعفر الصادق بن الإمام محمد الباقر بن الإمام على زين العابدين بن الإمام الشهيد الحسين السبط بن الإمام على بن ابى طالب العلوى البنكلانى المادورى الإندنوسى
هكذا سلسل نسبه المسند النسابة السيد سالم بن أحمد آل جندان ونقل عنه انه كان فى حياته يقول:إنما انا من ذرية صاحب جبل قيرى هو محمد عين اليقين الملقب برادين فاكو نقارا،وأمى من سلالة الملوك يعنى ملوك مادورا يقال أنهم من سلالة السلطان  هداية الله بن السلطان عمدة الدين بركات بن السلطان عمادالدين بن ثناءالدين بن أحمد شاه بن عبد الله خان بن عظمة خان عبد الملك المتقدم ذكره هذا وذكر السيد سالم جندان يمما ما فى نسبه مخالفا لما هنا فقال هو خليل بن عبداللطيف بن عمران بن محمد بن طه بن زين العارفين بن عبد العزيز بن رادين نور بن أحمد بن محمد بن أحمد بن صالح البنكلانى بن عبد القدير بن سونن فرافين فضل الله المتقدم ذكره،وعلى كلٍٍّ فنسبه إلى المهاجر إلى الله أحمد النقيب البصرى صحيح الثبوت فهو شريف الأصل من المندمجين فى الجنس الأندنوسى من قدماء المهاجرين إلى هذه الديار فى القرن السادس الهجرى
مولده و نشأته
ولد ليلة الخميس 9 صفر  1252 { 10-mei-1836 }بمدينة بنكلان عاصمة جزيرة مادورا كانت قبل استيلاء هولنداعليها فى حكم السلطان يوسف بن عبد القادر فنمباهن الثانى عشر من ملوك المندورة ونشأ نشأةً دينية صالحة ،أخذ العلم فى صباه أيام عن أبيه الكياهى عبد اللطيف وقرأ عليه القرآن وحفظ عليه المتون ورسائل عدة فى مختلف الفنون وأكبّ فى الطلب على علماء بلده ،وارتحل إلى جاغأن/باغيل فقرأ على الكياهى داووه كفاية العوام،وإلى لاغيتان فقرأ على الكياهى.....والد الكياهى صالح،وإلى بوغاه عاصمة قرسئ وأخذ كثيرا عن الشيخ المعمر عبد الغنى بن صبح البيماوى فى بيماو سراباياوتلقى عنه الطريقة النقشبندية بحق أخذه عن الشيخ خالد بن أحمد النقشبندى
رحلاته إلى الحرمين
 
Kiyai Kholil Bangkalan.
Al-Imam Arif Billah masyhur sebagai Sheikh sekaligus pemimpin yang mempunyai cita-cita luhur, dikenal Wali Allah, Mempunyai Karomah yang luar biasa, Mempunyai dasar-dasar jelas, Sangat Alim, Muqri’, Kuat dan dermawan, Ahli tafsir, Ahli hadist, Berpredikat ahli Nahwu, Sebagai Panutan, Terpercaya, Pandai, Ahli Zuhud, Orang Sholeh, Wira’i, Ahli hukum, Hamba sahaya (Merendah), Guru Besar, Sumber ilmu agama,  Muhammad Kholil bin Abdul Latif Albankalany Almadury dan beliau di beri umur panjang hingga 100 tahun lebih.

Nasabnya:
Adalah Muhammad Kholil bin Abdul Latif bin Imron bin Mohammad bin Ahmad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdul Jalil bin Sunan Prapen Fadlillah Muhammad bin Sunan Giri bin Ainul Yaqin bin Maulana Ishaq bin Maulana Ibrahim al-Asmar bin Jamaluddin Al-akbar Alhussein Bin Ahmad Jalal Shah bin Abdullah Azmatkhan  bin Amir Abdul Malik Azmatkhan bin Ali bin Alawi bin Muhammad Shohibi Almirbat bin Alawi bin Ubaidillah bin Al-imam Al-Muhajir Ila Allah Ahmad An-naqib Al-bashry bin Al-Imam Isa Al Roumi Al-akbar bin Muhammad Al-arzaq bin Ali al-urodly  bin Al-Imam Ja'far al-Shadiq bin Al-Imam Muhammad al-Baqir bin Al-Imam Aly Zainal Abidin bin Al-imam Al-Syahid Alhussein Al-sibthi bin Al-Imam Ali ibni Abi Thalib RA
Begitulah silsilah beliau yang tersambung pada nasabnya Sayyid Salim Bin Ahmad Al Jindan yang dikutip dari perkata’an Syaikhona Kholil semasa  hidupnya: “ Sesungguhnya saya masih keturunan pemilik Gunung Giri yaitu Muhammad Ainul Yaqin yang di juluki dengan Raden Paku Negara, dan ibu saya keturunan raja”   maksudnya adalah dari dinasti keraja’an Madura. Ada sebagian yang mengatakan mereka masih keturunan Sultan Hidayatullah bin Sultan Umdatuddin Barakaat bin Sultan Imaduddin bin Tsana’uddin bin Ahmad Shah bin Abdullah Khan bin Azmatkhan Abdul Malik yang telah disebutkan di atas.
Namun menurut pendapat Sayyid Salim Jindan mungkin apa yang telah dijelaskan dalam silsilah diatas tersebut bertentangan dengan yang di sini, yaitu: Kholil bin Abdul Latif bin Imron bin Muhammad bin Thoha bin Zainal Arifin bin Abdul Aziz bin Raden Nur bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Sholeh Albankalany bin Abdul Qadir bin Sunan Prapen Fadlillah yang disebutkan di atas.
Dan dari versi yang lain nasab beliau bersambung ke Almuhajir Ilallah Ahmad An-naqieb Al-bashry. Ini adalah ketetapan yang benar, asalnya tergabung dalam jenis keturunan imigran kuno Indonesia di negara ini pada abad ke enam Hijriyah.

Lahir dan dibesarkan
Lahir di Kota Bangkalan pulau Madura Pada 9 Sofar 1952 H. bertepatan dengan 10 Mei 1836 M. sebelum pengambil alihan Kekuasaan Belanda pada masa pemerintahan dinasti Sultan Yusuf Abdul Qadir Panembahan XII dari kerajaan Madura dan menjunjung munculnya berlaku agama di Madura.  
Pada masa kecil beliau, hari-harinya disibukkan dengan belajar ilmu agama pada ayahnya yaitu Kiyai Abdul Latif dengan membaca al-Qur'an, menghafal matan-matan dan beberapa risalah dari fan yang berbeda-beda.  Beliau juga menekuni ilmu agama pada ulama-ulama di negrinya. Diantaranya belajar Kifayatul Awam pada Kiyai Dawoh di Pesantren Canga’an Bangil, kemudian ke Pesantren Langitan yang di asuh oleh Kiyai………(Tretan Alumni Langitan mohon koreksinya) ayahanda dari Kiyai Sholeh, lalu ke Pesantren Bungah, Gresik. dan menuntut banyak ilmu pada Syeikh Mu’ammar Abdul Ghoni Subhi Albimawy di Bimawu (penterjemah tidak tahu dimana daerah ini dan disebut daerah apa pada saat ini, mohon koreksinya), Surabaya. atas andil gurunya Syaikhona Kholil juga turut serta dalam Thoriqoh Naqshabandi, yang memiliki sanad langsung dari Syeikh Kholid bin Ahmad Al-Naqshabandi.

To be continue…..

*Mohon koreksinya jika banyak kekeliruan dalam menerjemah, karena penerjemah laisa ahlan fi hadal majal....

Silsilah Syaikhona Muhammad Kholil Bin Abdul Lathief

Sayyidina Muhammad SAW
Sayyidatina Fathimah Azzahro
Sayyidina Husain As-Sibthi
Aly Zainal Abidin
Muhammad Al-Baqir
Ja’far As-Shodiq
Aly Al-Uroidly
Muhammad An-Naqib
Isa An-Naqib
Ahmad Al-Muhajir Ilallah
Abdullah
Alawy
Muhammad
Alawy
Aly Kholi’ Qosam
Muhammad Shohibul Mirbath
Alawy
Abdul Malik Muhajir
Abdullah Adzmatkhon
Ahmad Syah Jalal
Maulana Husain Jamaluddin Al-akbar
Maulana Aly Nuruddin
Maulana Abdullah Imaduddin / Umdatuddin
Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati)
Maulana Hasanuddin Sulthon (Banten)
Khodijah
Sayyid Sulaiman(Mojo Agung)
Aly Akbar
Abdullah (Kramat)
Asror (Bujuk Langgundih)
Hamim (Di versi lain Imron)
Abdul Lathief
Syaikhona Muhammad Kholil

*Sumber dari atas hingga KH. Asror (Langgundih) dari Duwe’ Pote – Sampang.  Di tashih oleh Midhat Al-iroqi.
Refrensi: 1- Ithaful ahibbah fi bayani musytabihinnisbah-Sayyid Aiman bin Muhammad Alhabsyi (Tulisan Tangan) 2- Tarikhu Alu Basyaiban-Sayyid Umar Basyaiban (Tulisan Tangan) 3- Khidmatul Asyiroh (Dicetak) 4- Masyro’ Alrowy fi tarikhi alu ba alawy- Sayyid Abi Bakar Assyilly (Dicetak) 5- Annur Assafir fi tarikhi ahlil qorni al’asyir-Sayyid Al-idrus (Dicetak)

*Selanjutnya diteruskan penulis, refrensi dari berbagai sumber terpercaya.

SILSILAH DARI KANJENG SUNAN SAMPAI ROMO KIAI I (SYAIKHONA MUHAMMAD KHOLIL BANGKALAN

Dicuplik dari buku : DARI KANJENG SUNAN SAMPAI ROMO KIAI I (SYAIKHONA MUHAMMAD KHOLIL BANGKALAN)

Penulis: KH. ALI BIN BADRI AZMATKHAN
Penerbit: IKAZHI & YAYASAN SYAIKHONA MUHAMMAD KHOLIL BANGKALAN

Asy-Syekh Kholil adalah titisan beberapa wali yang tergabung dalam "Walisongo", yaitu Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kudus, yang mana mereka bermarga “Azmatkhan” dan bersambung pada Sayyid Alawi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath. Beliau juga bernasab pada keluarga "Basyaiban" yang bersambung pada Al-Imam Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbat Al-Alawi Al-Husaini.

Berikut ini adalah silsilah nasab Syekh Syekh Kholil, terlebih dahulu saya tulis silsilah jalur laki-laki yang bersambung pada Suanan Kudus, untuk menunjukkan hak beliau dalam menggunakan nama belakang (marga/fam) “Azmatkhan Ba'Alawi Al-Husaini”, sesuai dengan adat dan istilah pernasaban bangsa Arab.

JALUR SUNAN KUDUS

1. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan.

2. Kiai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.

3. Kiai Hamim. Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Bangkalan.

4. Kiai Abdul Karim[1].

5. Kiai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Bangkalan[2].

6. Kiai Abdul Azhim[3]. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Bangkalan.

7. Kiai Sulasi. Dimakamkan di Petapan, Trageh, Bangkalan.

8. Kiai Martalaksana. Dimakamkan di Banyu Buni, Gelis, Bangkalan.

9. Kiai Badrul Budur. Dimakamkan di Rabesan, Dhuwwek Buter, Kuayar, Bangkalan.

10. Kiai Abdur Rahman (Bhujuk Lek-palek). Dimakamkan di Kuanyar, Bangkalan.

11. Kiai Khatib. Ada yang menulisnya “Ratib”. Dimakamkan di Pranggan, Sumenep.

12. Sayyid Ahmad Baidhawi (Pangeran Ketandar Bangkal). Dimakamkan di Sumenep.

13. Sayyid Shaleh (Panembahan Pakaos). Dimakamkan di Ampel Surabaya[4].

14. Sayyid Ja’far Shadiq (Sunan Kudus)[5]. Dimakamkan di Kudus.

15. Sayyid Utsman Haji (Sunan Ngudung)[6]. Dimakamkan di Kudus.

16. Sayyid Fadhal Ali Al-Murtadha (Raden Santri /Raja Pandita). Dimakamkan di Gresik.

17. Sayyid Ibrahim (Asmoro). Dimakamkan di Tuban[7].

18. Sayyid Husain Jamaluddin[8]. Dimakamkan di Bugis.

19. Sayyid Ahmad Syah Jalaluddin. Dimakamkan di Naseradab, India.

20. Sayyid Abdullah[9]. Dimakamkan di Naserabad, India.

21. Sayyid Abdul Malik Azmatkhan. Dimakamkan di Naserabad, India.

22. Sayyid Alawi ‘Ammil Faqih. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.

23. Sayyid Muhammad Shahib Mirbath. Dimakamkan di Zhifar, Hadramaut, Yaman.

24. Sayyid Ali Khali’ Qasam. Dimakamkan di Tarim, Hadramaut, Yaman.

25. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.

26. Sayyid Muhammad. Dimakamkan di Bait Jabir, Hadramaut, Yaman.

27. Sayyid Alawi. Dimakamkan di Sahal, Yaman.

28. Sayyid Abdullah/Ubaidillah. Dimakamkan di Hadramaut, Yaman.

29. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir . Dimakamkan di Al-Husayyisah, Hadramaut, Yaman.

30. Sayyid Isa An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.

31. Sayyid Muhammad An-Naqib. Dimakamkan di Bashrah, Iraq.

32. Al-mam Ali Al-Uradhi. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.

33. Al-Imam Ja’far Ash-Shadiq. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.

34. Al-Imam Muhammad Al-Baqir. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.

35. Al-Imam Ali Zainal Abidin. Dimakamkan di Al-Madinah Al-Munawwarah.

36. Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib. Dimakamkan di Karbala, Iraq.

37. Sayyidatina Fathimah Az-Zahra’ binti Sayyidina Muhammad Rasulillah Dimakamkan di Madinah Al-Munawwarah

Maka, dari jalur Sunan Kudus, Asy-Syekh Kholil adalah generasi ke-37 dari Rasulullah Shallahu 'alayhi wa sallam.

JALUR SUNAN AMPEL


1. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan.

2. Kiai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.

3. Kiai Hamim. Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Bangkalan.

4. Kiai Abdul Karim.

5. Kiai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Bangkalan.

6. Kiai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Bangkalan.

7. Nyai Tepi Sulasi (Istri Kiai Sulasi). Dimakamkan di Petapan, Trageh, Bangkalan.

8. Nyai Komala. Dimakamkan di Kuanyar, Bangkalan.

9. Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana). Dimakamkan di Kuanyar, Bangkalan.

10. Sayyid Muhammad Khathib (Raden Bandardayo)[10]. Dimakamkan di Sedayu Gresik.

11. Sayyid Musa (Sunan Pakuan). Dimakamkan di Dekat Gunung Muria Kudus. Dalam

sebagian catatan nama Musa ini tidak tertulis.

12. Sayyid Qasim[11] (Sunan Drajat). Dimakamkan di Drajat, Paciran Lamongan.

13. Sayyid Ahmad Rahmatullah[12] (Sunan Ampel). Dimakamkan di Ampel, Surabaya.

14. Sayyid Ibrahim Asmoro Tuban. Disini nasab Nyai Sulasi dan Kiai Sulasi bertemu.

Maka, melalui jalur Sunan Ampel, Asy-Syekh Kholil adalah generasi ke-34 dari Rasulullah.

JALUR SUNAN GIRI

1. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan.

2. Kiai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.

3. Kiai Hamim. Dimakamkan di Tanjung Porah, Lomaer, Bangkalan.

4. Kiai Abdul Karim.

5. Kiai Muharram. Dimakamkan di Banyo Ajuh, Bangkalan.

6. Kiai Abdul Azhim. Dimakamkan di Tambak Agung, Sukalela, Labeng, Bangkalan.

7. Nyai Tepi Sulasi (Istri Kiai Sulasi). Dimakamkan di Petapan, Trageh, Bangkalan.

8. Nyai Komala. Dimakamkan di Kuanyar, Bangkalan.

9. Sayyid Zainal Abidin (Sunan Cendana). Dimakamkan di Kuanyar, Bangkalan.

10. Nyai Gede Kedaton (istri Sayyid Muhammad Khathib). Dimakamkan di Giri, Gresik.

11. Panembahan Kulon. Dimakamkan di Giri, Gresik.

12. Sayyid Muhammad Ainul Yaqin (Sunan Giri). Dimakamkan di Giri, Gresik.

13. Maulana Ishaq. Dimakamkan di Pasai.

14. Sayyid Ibrahim Asmoro Tuban. Disini nasab Nyai Gede Kedaton dan Sayyid Muhammad Khathib bertemu.

Maka, melalui jalur Sunan Giri, Syekh Kholil adalah generasi ke-34 dari Rasulullah SAW.

JALUR SUNAN GUNUNG JATI


1. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan.

2. Kiai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.

3. Nyai Khadijah (Istri Kiai Hamim[13]). Dimakamkan di Bangkalan.

4. Kiai Asror Karomah.

5. Sayyid Abdullah.

6. Sayyid Ali Al-Akbar[14].

7. Sayyid Sulaiman. Dimakamkan di Mojo Agung, Jombang.

8. Syarifah Khadijah.

9. Maulana Hasanuddin[15]. Dimakamkan di Banten.

10. Syarif Hidayatullah[16] (Sunan Gunung Jati). Dimakamkan di Cirebon.

11. Sayyid Abdullah Umdatuddin.

12. Sayyid Ali Nuruddin/Nurul Alam.

13. Sayyid Husain Jamaluddin Bugis. Disini nasab Nyai Khadijah dan Kiai Hamim Kholil bertemu.

Maka, melalui jalur Sunan Gunung Jati, Syekh Kholil adalah generasi ke-32 dari Rasulullah SAW.

JALUR BASYAIBAN


1. Syekh Muhammad Kholil Bangkalan.

2. Kiai Abdul Lathif. Dimakamkan di Bangkalan.

3. Nyai Khadijah (Istri Kiai Hamim). Dimakamkan di Bangkalan.

4. Kiai Asror Karomah.

5. Sayyid Abdullah.

6. Sayyid Ali Al-Akbar.

7. Sayyid Sulaiman. Dimakamkan di Mojo Agung, Jombang.

8. Sayyid Abdurrahman (Suami Syarifah Khadijah binti Hasanuddin).

9. Sayyid Umar.

10. Sayyid Muhammad.

11. Sayyid Abdul Wahhab.

12. Sayyid Abu Bakar Basyaiban.

13. Sayyid Muhammad.

14. Sayyid Hasan At-Turabi.

15. Sayyid Ali.

16. Al-Imam Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam.

17. Saayid Ali.

18. Sayyid Muhammad Shahib Mirbat. Disini nasab keluarga Azmatkhan dan Basyaiban bertemu.

Maka, melalui jalur Sayyid Abdurrahman Basyaiban, Syekh Kholil adalah generasi ke-32 dari Rasulullah Shallahu 'alayhi wa sallam.

Demikianlah nasab Asy-Syekh Kholil dengan berbagai jalur yang saya dapatkan sampai saat ini, bisa jadi suatu hari nanti kita menemukan nama-nama baru daripada istri-istri jalur laki-laki yang ada itu.

Dalam hal pencatatan nasab, ada satu hal yang cukup membanggakan bagi Kiai-kiai Jawa dan Madura. Berkat gabungan antara adat Arab dalam menjaga silsilah dan adat Jawa/Madura yang tidak membeda-bedakan garis laki-laki dan perempuan, akhirnya Kiai-Kiai Jawa/Madura banyak yang memliki silsilah lengkap dari berbagai jalur. Saya pernah menunjukkan sebuah silsilah seperti ini pada seorang Syekh dari Yaman, beliau merasa kagum karena banyak jalur perempuan yang juga dicatat dalam silsilah itu selain jalur laki-laki, karena pada umumnya, orang Arab tidak tahu nama-nama kakek-buyutnya yang dari jalur ibu atau jalur nenek, mereka hanya mengenal yang jalur ayah keatas dengan garis laki-laki. [*]

______________
Catatan :

[1] Diambil dari catatan Syekh Kholil sendiri pada akhir terjemah beliau atas kitab “Alfiyah Ibnu Malik” pada tahun 1294 H. Beliau menulis nama beliau dengan: “Muhammad Kholil bin Hamim bin Abdul Karim bin Muharrom”. Lihat lampiran “d” Banyak orang yang tidak mencatat nama “Abdul Karim” dan “Muharrom” dalam silsilah Syekh Kholil. Padahal sudah jelas tertera pada kitab tulisan tangan Syekh Kholil. Nasab ini juga diperkuat oleh penuturan Kiai Faqih Konang (Loamer Bangkalan). Kiai Faqih meninggal pada tahun 2006 dalam usia lebih dari 120 tahun. Setahun sebelum meninggal, saya bertemu dengan beliau untuk mengambil riwayat tentang kiai-kiai keturunan Sunan Cendana Kuanyar. Kamipun berbincang-bincang selama kurang lebih empat jam dalam dua kali pertemuan, sampai membuat tamu-tamu yang lain mengantri lama di luar. Beliau sangat gembira dengan kedatagan saya, apalagi dalam rangka mengumpulkan riwayat Kiai-kiai sepuh, sehingga beliaupun memaksa untuk berbicara banyak walapun kondisi tubuh beliau sangat lemah, biasanya beliau menerima tamu hanya sekitar lima menit. Waktu itu saya ditemani oleh Kiai Khozin Bungkak. Sebagian perbincangan itu sempat saya rekam dan saya tulis. Diantara yang beliau sebutkan adalah bahwa Nyai Sulasi (cucu Sunan Cendana) dengan Kiai Sulasi memiliki putra bernama Kiai Abdul Fattah, Kiai Abdul Fattah mempunyai beberapa putra diantaranya bernama Kiai Abdul Azhim, dan diantara putra Kiai Abdul Azhim adalah Kiai Muharrom yang menurunkan Syekh Kholil Bangkalan. Sampai saat ini saya belum menemukan catatan yang mencantumkan nama “Abdul Fattah”, maka dari itu dalam silsilah ini saya tidak memasukkanya, karena saya lebih menguatkan yang ada catatannya. Malah saya punya perkiraan bahwa “Abdul Fattah” itu adalah nama asli Kiai Sulasi, barangkali saja Kiai Faqih salah dengar atau salah ucap. “Sulasi” itu bukan nama orang, melainkan nama tempat yang asalnya adalah “Selase”. Dijuluki Kiai Sulasi karena tinggal di Selase itu. Nah, mungkin saja “Abdul Fattah” adalah nama asli beliau sehingga riwayat Kiai Faqih menjadi rancu antara “Kiai Sulasi” dan “Kiai Abdul Fattah”. Riwayat Kiai Faqih tentang Kiai Muharrom ini lebih menguatkan catatan yang ada dalam kitab Syekh Kholil.

[2] Berdasarkan riwayat Kiai Faqih.

[3] Nama-nama mulai dari Kiai Abdul Azhim sampai ke Raden Santri saya dapatkan dari Kiai Fauzi Lomaer. Beliau mendapatkan dari catatan keluarga Bani Muqiman bin Hamim.

[4] Menurut catatan Kiai Fauzi, beliau inilah yang terkenal dengan julukan “Mbah Sholeh” murid Sunan Ampel.

[5] Ada yang menulis Sunan Kudus sebagai putra Sunan Ampel, terasuk Sayyid Dhiya’ Syihab dalam ta’liq kitab “Syams Azh-Zhahirah”. Namun yang saya lihat dalam banyak catatan silsilah yang dipegang Kiai-kiai di berbagai tempat adalah bahwa ibu Sunan Kudus bernama Nyai Anom Manyuran binti Nayi Ageng Manyuran binti Sunan Ampel. Sampai saat ini banyak kalangan tertentu yang terlalu fanatik dengan kitab “Syams Azh-Zhahirah” dan ta’liqnya, sehingga ada semacam pemahaman bahwa kalau tidak ada dalam kitab tersebut atau bertentangan dengan kitab tersebut berarti tidak sah. Padahal, saya lihat kitab itu banyak kelemahan riwayatnya ketika berbicara tentang Walisongo yang dari keluarga Azmatkhan. Hal itu sebenarnya dapat dimaklumi, karena kitab tersebut dutulis tidak berdasarkan kumpulan riwayat yang tersebar di berbagai tempat. penulis ta’liq kitab tersebut hanya menulis berdasarkan riwayat beberapa orang yang sempat beliau temui, karena beliau tidak banyak waktu untuk mengunjungi semua Kiai dan menanyai silsilah mereka. Namun begitu, beliau telah melakukan hal yang besar dengan memperkenalkan “Sunan-sunan” keluarga Azmatkhan pada Alawiyyin di Arab. Hanya saja, sangat disayangkan karena kemudian tidak ada dari kalangan mereka yang menindaklanjuti langkah beliau dengan menulusuri keturunan Sunan-sunan itu. Hal ini kemudian menimbulkan suatu asumsi yang tidak ilmiyah di kalangan awam mereka, yaitu dengan menganggap bahwa yang tidak tercatat dalam ta’liq “Syams Azh-Zhahirah” berarti tidak sah. Apalagi sering terdengar komentar sinis dari kalangan awam itu bahwa Sunan-sunan tidak punya keturunan laki-laki, karena anak-anak mereka yang laki-laki meninggal sebelum punya anak. Padahal, Sayyid Dhiya’ Syihab dalam ta’liq “Syams Azh-Zhahirah” jelas menulis nama-nama Kiai yang beliau ambil riwayatnya dengan mengatakan bahwa mereka masih keturunan Sunan. Demikian pula dengan Sayyid HMH Al-Hamid, dalam buku “Pembahasan Tuntas Tetang Khilafiah”, beliau juga menyatakan bahwa banyak sekali Kiai-kiai yang bernasab pada Sunan-sunan Azmatkhan dengan garis laki-laki.

[6] Dalam Taliq “Syams Azh-Zhahirah”, Sunan Ngudung ditulis sebagai putra Ali Nuruddin bin Husain Jamaluddin. Berarti Sunan Ngudung adalah saudara kandung ayah Sunan Gunung Jati. Sementara keraton Cirebon tidak mengenal nama Sunan Ngudung sebagai kerabat dekat. Seandainya Sunan Ngudung adalah paman kandung Sunan Gunung Jati, maka tentu bangsawa Cirebon akan mencatat nama beliau sebagaimana nama Falatehan yang menjadi menantu Sunan Gunung Jati. Ditambah lagi dengan riwayat masyhur dalam catatan silsilah Kiai-kiai yang menyatakan bahwa Sunan Ngudung adalah mantu cucu Sunan Ampel. Selain itu, Sunan Ngudung populer di zaman Kesultanan Demak sepeninggal Sunan Ampel, maka hitungan tahunnya lebih layak kalau Sunan Ngudung menjadi keponakan Sunan Ampel daripada menjadi paman Sunan Gunung Jati. Mengingat Ta’liq “Syams Azh-Zhahirah” tidak menyebut referensinya, maka saya lebih menguatkan silsilah yang menyebut “Sunan Ngudung bin Raden Santri”, karena silsilah ini ditulis dengan jelas dalam banyak catatan Kiai-Kiai. Mungkin saja, yang membuat rancu referensi “Syams Azh-Zhahirah” adalah nama “Ali”, karena nama Raden santri dan kakek Sunan Gunung Jati sama-sama ada “Ali”nya. Kalau Raden Santri bernama asli “Fadhal Ali Al-Murtadha” sedangkan kakek Sunan Gunung Jati bernama “Ali Nuruddin” atau yang oleh sebagian orang ditulis “Ali Nurul Alam”.

[7] Nama ini sering dibuat rancu oleh banyak orang. Mereka menganggap bahwa Ibrahim ini adalah Maulana Malik Ibrahim. Adapun Maulana Malik Ibrahim adalah putra Barakat Zainul Alam bin Husain Jamaluddin.

[8] Banyak orang menyebutnya Syekh Jumadil Kubro. Dan ada banyak makam yang dinisbatkan pada Syekh Jumadil Kubro. Maka boleh jadi “Syekh Jumadil Kubro” itu adalah tahrif (salah ucap) dari beberapa nama. Adapun yang paling shahih adalah makam yang di Bugis, karena di sekitar makam itu terdapat banyak keluarga bangsawan yang bernasab pada beliau.

[9] Banyak yang menulisnya “Abdullah Khan”. Ini adalah suatu kesalahan. Marga “Khan” itu bukan marga Sayyid, melainkan marga bangsawan Pakistan yang mengadopsi dari nama belakang penguasa-penguasa Mongol. Sejarah mencatat meratanya serbuan dan perampasan bangsa Mongol di belahan Asia. Diantara nama yang terkenal dari penguasa-penguasa Mongol adalah Khubilai Khan. Setelah Mongol menaklukkan banyak bangsa, maka muncullah Raja-raja yang diangkat atau diakui oleh Mongol dengan menggunakan nama belakang “Khan”, termasuk Raja Naserabad, India. Ketika Sayyid Abdul Malik (ayah Sayyid Abdullah) menjadi menantu bangsawan Naserabad, mereka bermaksud memberi beliau gelar “Khan” agar dianggap sebagai bangsawan setempat sebagaimana keluarga yang lain. Hal ini persis dengan cerita Sayyid Ahmad Rahmatullah ketika diberi gelar “Raden Rahmat” setelah menjadi menantu bangsawan Majapahit. Namun karena Sayyid Abdul Malik dari bangsa “syarif” (mulia) keturunan Nabi, maka mereka menambah kalimat “Azmat” yang berarti mulia (dalam bahasa Urdu India) sehingga menjadi “Azmatkhan”. Dengan huruf arab, mereka menulis عظمت خان bukan عظمة خان, dengan huruf latin mereka menulis “Azmatkhan”, bukan “Adhomatu Khon” atau “Adhimat Khon” seperti yang ditulis sebagian orang. Tentang sejarah keluarga Azmatkhan mulai dari leluhur Sayyid Abdul Malik hingga Sunan-sunan Walisongo, saya telah menulisnya dengan panjang lebar dalam buku “Dari Kanjeng Nabi Sampai Kanjeng Sunan”.

[10] Di Madura banyak silsilah dengan nama “Khathib”, termasuk ayah Sunan Cendana ini. Ketika orang-orang menemukan nama Khathib dan belum dapat “bin siapa”nya, mereka cenderung mencari-cari nama Khathib dalam silsilah lain. Hal ini mengakibatkan adanya banyak kerancuan silsilah keatas seorang “Khathib”, termasuk Khathib ayah Sunan Cendana ini. Saya menguatkan nasab Sunan Cendana dengan silsilah Khathib bin Musa bin Qasim (Sunan Drajat), karena silsilah yang ini dipegang oleh banyak keluarga dari bani Sunan Cendana. Setahu saya, ada dua “Khathib” yang pernah terselip pada silsilah Sunan Cendana selain yang dipegang juru kunci, yaitu Khathib bin Sya’ban bin Sunan Ampel dan Khathib Panjang bin Panembahan Kidul bin Sunan Giri.

Kemudian ada satu hal yang perlu saya bicarakan mengenai silsilah antara Sunan Cendana dan Sunan Drajat. Ada seorang Arab yang dikenal ahli nasab dan kemudian mengusik nasab Sunan Cendana. Hal ini saya anggap perlu dibahas agar pembaca mengerti persoalannya kalau-kalau suatu saat mendengar “omongan miring” itu. Awalanya begini, suatu ketika saya menunjukkan nasab seseorang yang bersambung pada Sunan Cendana. Iapun merasa keberatan melihat catatan silsilah itu menunjukkan bahwa pemiliknya adalah keturunan ke-35 dari Rasulullah SAW. Sementara dia sendiri (si ahli nasab) yang lebih tua dari pemilik silsilah itu adalah keturunan ke-40. Kemudian si ahli nasab itu mengatakan bahwa silsilah itu meragukan sehingga sulit untuk menembus pengesahan Rabithah Alawiyah (Persatuan Alawiyyin keturuan Al-Hasan dan Al-Husain), karena saksi-saksi yang mengetahui langsung hubungan anak-beranak dari nama-nama dalam silsilah itu sudah meninggal semua. Tidak beberapa lama kemudian saya bertemu dengan Kiai Hannan (juru kunci makam Sunan Cendana). Ketika berbincang-bincang tentang nasab Sunan Cendana, Kiai Hannan berkata bahwa beberapa bulan yang lalu beliau berbincang-bincang dengan si ahli nasab itu, dia bilang bahwa antara Sunan Cendana dan Sunan Drajat itu ada sekitar empat nama yang hilang, mestinya bukan Sunan Cendana bin Khathib bin Sunan Drajat, melainkan setidaknya Sunan Cendana bin Khathib bin fulan bin fulan bin fulan bin fulan bin Sunan Drajat. Dengan cerita Kiai Hannan itu, saya baru paham mengapa si ahli nasab itu keberatan dengan silsilah keturunan Sunan Cendana, yaitu karena nasab keturunan Sunan Cendana kebanyakan sangat tinggi dibanding si ahli nasab, nampaknya ia keberatan untuk kalah tinggi dengan keturunan Sunan Cendana, sehingga iapun berani berbohong meyakini ada sedikitnya empat nama yang hilang. Untuk itu saya kemukakan beberapa hal berikut:

1. Megenai saksi-saksi yang diminta itu, saya rasa itu adalah sangat berlebihan. Itsbat (membenarkan) nasab itu tidak harus ada saksi yang tahu langsung hubungan anak-beranak antara seseorang dengan ayahnya. Jangankan untuk orang lain, untuk kakek saya sendiri saja saya tidak bisa mendatangkan saksi yang tahu langsung bahwa kakek adalah putra buyut saya, saksi yang tahu langsung sudah meninggal semua, saya tahu itu dari ayah dan keluarga saya lainnya yang pernah bertemu kakek, sebagaimana mereka tahu tentang buyut mereka dari kakek. Itsbat itu cukup dengan riwayat, bahwa apabila ada riwayat tentang sebuah nasab yang diriwayatkan oleh orang-orang yang tsiqah (bisa dipercaya) secara turun temurun, apalagi sampai ada catatannya, maka hal itu sudah sangat cukup untuk itsbat nasab. Sedangkan catatan silsilah atas-bawah Sunan Cendana tersebar pada ratusan keluarga keturunan beliau yang rata-rata keluarga ulama besar. Apakah kita masih menyangsikan catatan yang dipegang oleh semisal keluarga Syekh Kholil Bangkalan, Syekh Syamsuddin Ombhul (Sampang), Kiai As’ad Syamsul Arifin (Asembagus), Kiai Hasan Genggong (Probolinggo), Kiai Abdur Rahim Sarang (Rembang Jawa Tengah) dan yang lain-lain? Mereka semua adalah ulama-ulama besar. Mereka adalah keturunan Sunan Cendana dan masing-masing memegang silsilah yang diterima turun temurun.

2. Kesimpulannya, silsilah antara keturunan Sunan Cendana yang sekarang hingga Sunan Cendana sama sekali tidak ada masalah. Maka masalahnya tinggal antara Sunan Cendana dan Sunan Drajat. Tadi disebutkan bahwa si ahli nasab menuduh ada sekitar empat nama yang hilang antara Sunan Cendana dan Sunan Derajat. Coba kita perhatikan berikut ini: Sejarah mencatat bahwa Sunan Derajat lahir sekitar tahun 1470 M. (+ 930 H.) Sedangkan menurut catatan turun temurun, Sunan Cendana hidup pada zaman Cakraningrat I Bangkalan, kira-kira tahun 1625. Berarti jarak antara Sunan Cendana dan Sunan Drajat sekitar 155 tahun. Nah, jarak itu sangat layak untuk diisi empat generasi, yaitu Sayyid Musa, Sayyid Muhammad Khathib, Sayyid Zainal Abidin dan putra-putra beliau, karena beliau berusia panjang. Dari pernyataan dan kesimpulan itu, saya kemudian menarik kesimpulan bahwa keberatan yang dikemukakan oleh si ahli nasab itu hanya karena keberatan untuk dianggap nasabnya kalah tinggi dengan keturunan Sunan Cendana. Iapun beruasaha untuk menciptakan kesangsian terhadap silsilah keluarga Sunan Cendana. Mengingat dari Sunan Cendana kebawah tidak ada celah untuk dituduh “kurang nama”, karena kebanyakan keturunan Sunan Cendana telah menjaga silaturrahim, maka iapun melemparkan tuduhan itu pada antara Sunan Cendana dan Sunan Drajat. Sayangnya, ia tidak memperhatikan tahun kelahiran mereka, sehingga tuduhan itupun berbalik menjadi hal yang memalukan bagi dirinya.

Hendaknya dipahami, bahwa ketaqwaan itu lebih mendekatkan seseorang pada leluhurnya yang shaleh, bukan hitungan nasabnya. Cucu Siti Fathimah yang ke-33 tidak lebih mulia daripada cucu yang ke-40. Apabila lebih bertaqwa dan lebih berprestasi, maka cucu ke-40 akan lebih dekat dengan Siti Fathimah daripada cucu ke-33. Kesalahpahaan mengenai hal ini cenderung membuat orang merasa gengsi untuk mengakui kedekatan nasab orang lain, apalagi ketika yang bernasab lebih dekat itu lebih muda atau dianggap “orang biasa”.

[11] Ada yang menulisnya “Hasyim”, seperti Ta’liq “Syams Azh-Zhahirah”. Saya menguatkan “Qasim” karena nama itu yang saya temukan dalam semua catatan yang saya temui di tangan Kiai-kiai keturunan Sunan Drajat.

[12] Ada yang menulisnya “Ali Rahmatullah”, seperti Ta’liq “Syams Azh-Zhahirah”. Saya menguatkan “Ahmad Rahmatullah” karena nama itu yang saya temukan dalam semua catatan yang saya temui di tangan Kiai-kiai keturunan Sunan Ampel.

[13] Kiai Hamim adalah menantu Kiai Asror. Sebagian silsilah mencatat “Hamim bin Asror”. Kerancuan itu sebenarnya berawal dari kalimat “Syekh Kholil putra Kiai Hamim dan cucu Kiai Asror”. Orang yang tidak tahu persis menjadi salah paham. Adapun lebih menisbatkan Syekh Kholil sebagai cucu Kiai Asror daripada sebagai cucu Kiai Abdul Karim (ayah Kiai Hamim) itu berawal dari adat orang Jawa dan Madura yang tidak membeda-bedakan garis laki-laki dan perempuan, sehingga ketika memilih kakek, mereka akan memilih kakek yang paling keramat walaupun dari garis ibu. Syekh Kholil dinisbatkan sebagai cucu Kiai Asror karena Kiai Asror lebih terkenal daripada Kiai Abdul Karim. Akibat Syekh Kholil lebih dikenal sebagai cucu Kiai Asror, maka beliaupun lebih dikenal sebagai cucu Sunan Gunung Jati, padahal Kiai Asror juga cucu Sunan Gunung Jati dari garis perempuan. Sebelum ini, jarang orang yang tahu bahwa nasab Syekh Kholil yang garis laki-laki bersambung pada Sunan Kudus, sedangkan beberapa jalur perempuan beliau juga bersambung pada Sunan Ampel dan Sunan Giri.

[14] Banyak catatan yang saya temukan kehilangan nama ini. Padahal nama ini sudah masyhur di kalangan keluarga Basyaiban dan telah disahkan Robithoh Alawiyah.

[15] Sebagian silsilah yang tidak mencatat nama ini. Mungkin “kelewatan” itu berangkat dari kalimat “Sayyid Sulaiman adalah keturunan Sunan Gunung Jati dari pihak ibu”. Keturunan bisa cucu dan bisa cicit. Ketika kalimat itu dimaksudkan cicit, maka yang mendengar mengira cucu, sehingga langsung saja ia menyimpulkan “Sulaiman bin putri Sunan Gunung Jati”. Wallahu a’lam.

[16] Ada yang menulis bahwa Hidayatullah adalah nama lain dari Fatahillah yang berasal dari aceh, termasuk HAMKA yang kemudian dinukil oleh kitab “Syams Azh-Zhahirah”. Adapun yang benar adalah bahwa Hidayatullah dan Fatahillah itu dua orang yang berbeda. Adapun Fatahillah adalah putra Sayyid Ibrahim bin Abdul Ghafur bin Barakat bin Husain Jamaluddin. Fatahillah dikenal dengan panggilan “Falatehan”, pernah menjadi Panglima Perang Kerajaan Demak, kemudian menjadi Panglima Perang Kesultanan Cirebon di masa Sunan Gunung Jati dan menaklukkan Sunda Kelapa. Setelah itu beliau menikah dengan putri Sunan Gunung Jati.

Link : http://azmatkhanalhusaini.com/
https://www.facebook.com/note.php?note_id=119098974776477

Foto Dengodeh


Dari kiri : Gus Fauzi - Gus Holil - Gus Ali Ridlo - Gus Mu'in
















Diringi Ribuan Massa, Dua Kyai Sampang Maju Cabup Independen


Rabu, 13 Juni 2012 14:03:42 WIB
Reporter : Zamachsari


Sampang (beritajatim.com) - Dua kyai pengasuh pondok pesantren di Desa Prajen Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang, KH Yahya Amin Hudi dan KH Faidol Mubarok  resmi menyerahkan persyaratan pencalonan sebagai bakal calon bupati dari perseorangan atau independen.

Pencalonan dua kyai setelah KPUD Sampang membuka pendaftaran mulai tanggal 11 hingga 19 Juni 2012 dengan agendatahapan pemilihan kepala daerah (pemilukada), penyerahkan berkas persyaratan sebagai bakal calon (balon) bupati Sampang.

Usai menyerahkan berkas, yang salah satunya berisi 35 persen dukungan melalui bukti KTP, KH Yahya Amin Hudi di hadapan sejumlah wartawan mengatakan bisa maju sebagai calon bupati. "Ini bukti KTP pendukung, kami optimis bisa menjadi balon bupati Sampang ". tegasnya.

Sementara Ahmad Jaelani anggota KPUD Sampang dari pokja verifikasi percalonan independen, menjelaskan secara kwalitatif KTP yang diserahkan sudah melibihi 35 persen jumlah penduduk. "Kami terima penyerahan berkas ini, semoga dua calon bisa menuju balon Bupati Sampang,"tandasnya.

Sekedar diketahui, setelah pemkab Sampang menyerahkan data jumplah penduduk kepada KPUD, Masih kata Jaelani, dua pasangan calon   KH Yahya Amin Hudi dan KH Faidol Mubarok merupakan balon perdana yang menyerahkan berkas jumplah dukungan dari perseorangan. "Pasangan dua kyai asal Prajen ini merupakan balon pertama yang menginjakan kaki di KPUD ,"imbuhnya.

Penyerahan berkas pencalonan membuat kawasan Kota Sampang terjadi kepadatan arus bahkan terjadi kemacetan lalu lintas di seputar jalan Jaksa Agung Suprapto, sebab ratusan kendaraan dan ratusan masa dari 14 kecamatan ikut mengiringgi balon tersebut.

Kompol Alfian Nurrizal Kabag Ops Polres Sampang mengatakan telah melakukan penjagaan karena  mendapat laporan penyerahkan berkas hari ini diiringgi ribuan massa pendukung. "Kami mengerahkan pasukan sebanyak 52 dua personil, guna mengatur kelancaran lalu lintas,"kata Alfian.[sar/ted]

KH. Mujtaba Kholili Berpulang


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Innalillah wainna ilaihi roji'un !
Telah kembali keharibaan-NYA, KH. Mujtaba Kholili / Menantu KH. Rofi'i Hasan Rong Delem td sekitar jam 11.15 wib.

Sekian, terima kasih.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



 7/7/2012

Ny Asiyatun Binti KH Yasin

Ny Asiyatun  (Alm Mei 2010) + KH Muhtaram Mun'im  Demangan Barat
1. H.Ahmad Faruq
2. Hj. Djamilah
3. Hj. Kaustar
4. Hj. Latifah (fb)
5. Hasbullah

6. Imam Ghozali http://www.facebook.com/profile.php?id=100000545081334
☀ H Ahmad Faruq + 1 Hj Nur Hayati Demangan Bangkalan
√ H Ahmad Asrori http://www.facebook.com/profile.php?id=100000092907722
√ H Ali Syabrowi
√ M. Zaky
√ M. Yusuf http://www.facebook.com/profile.php?id=100000193344077&ref=ffa
√ Nuro Meisy Afifah
H Ahmad Faruq + 2
√ Qosim
√ ......
    H Ahmad Faruq + 3
√  ......
☀ Hj Djamilah + H Ahmad Nabrawi Madeggan Sampang
√ H Muhammad Cholil (id) + Yuli Madeggan Sampang
   ※1 Ammar
   ※2 Balyan
   ※3 Alya Fatihah
   ※4 Fayyad
√ Khusnul Hotimah ( id ) + Hammim Pregih Tamblengan Sampang
   ※1 Ifan
   ※2 Iir
   ※3 Millah Bariqah (alm)
   ※4 Nur Rizqi Zakiah
√ Aly Huda Đådåĸ Ŕãdềń Żhäńg PħềńgềMist + Ida
   ※1 Abror Muttaqin - Pontianak
    Aly Huda + Namira Mira Aly Jakarta
   ※1 Ayumi Nur Shohibah (fb.ayumi)
   ※2 Wildah Mustaniroh
√ M Subhan (Alm)
√ Ahsan Mubarok  http://www.facebook.com/barok.alfaqir + Hotijah Madeggan Sampang
   ※1 Nur Salimah
√ Mudi'atun Holidah
√ Barrotun Naqiah + Dafiq Pamekasan
   ※Aqil
√ Mansur (fb)
√ Lia...http://www.facebook.com/profile.php?id=100000958038480&ref=pb
√ Mamlu'atun...http://www.facebook.com/s3llvs3nx?ref=pb
√ Hasbi Maulana http://www.facebook.com/profile.php?id=100002281573771&ref=pb
☀ Nur Kautsar + El-Busyri Pramian Sreseh Sampang ( Alm Feb 2012/ Robi'ul Awal 1433)
√ Fitriah +  Soddak Pramian Sreseh Sampang
√ Salman
√ Nuris http://www.facebook.com/newriezhubbrf?ref=pb
√ Aam http://www.facebook.com/profile.php?id=100001403552116
☀ Nur Latifah (fb) + Muksin Mong-mong Arosbaya
√ Nur Hasanah + Yusuf Pramian Sreseh Sampang
√ Fauziah
√ Afif
√ Ayim
☀ Hasbullah - Nur Aini Jagalan Bangkalan
√ Daroini https://www.facebook.com/profile.php?id=100001586512633
√ Ja'far
√ Qinanah
√ Safira

Ny.Karimah Binti KH Yasin

Ny.Karimah  (Alm) & KH Hamiduddin (Alm) prajjan sampang
MOHON DATANYA...

Ny. Nailah Binti KH Yasin


Ny. Nailah (almh 09 Juli 2012/19 Sha'ban 1433 )pregih tambelangan sampang
MOHON DATANYA...

Ny.Badiyah Binti KH Yasin

Ny.Badiyah kebun anyar bangkalan 
MOHON DATANYA...

KH Nashir Bin KH Yasin

KH Nashir + Ny Hadami senenan bangkalan 
1. Holil
2. Halim
3. Yusuf http://www.facebook.com/profile.php?id=100000322196499&ref=pb
4. Nur fatonah
5. Makki  http://www.facebook.com/profile.php?id=100000508077990
6. Rahbini http://www.facebook.com/profile.php?id=100002894425942&ref=ts
7. Fatima
8. RKH.Hasyim http://www.facebook.com/nacrul?ref=pb
9. Latif (fb - Saboeddein Tongar (Saboeddin Tongar))
10. Muin (el-kerreh)
11. Suroyya

☀ H.M.Kholil Nasir  + Fadilatul ‘Izzah
☀ H.Abdul Halim Nasir + Faizah
√ M.Kholilurrohman
√ M.Sulaiman Asif Barkhiya
√ M.Hafid
√ Dewi Hafsoh
√ Tsawilatul Mariyah
√ M.Nasir
√ Ayimmata
√ Fitriya Elmawada
√ Abdul Muqith
☀ H.Ar.Yusuf Bfo + Siti Rahmah lutfiyah
√ Muhammad Alwi Aza'imil kubro
√ Muhammada Ali Zainul Akbar
√ Musi Alfiyatuz Zahra
☀ Hj.Nur Fathonah Nasir + KH.Hasan Kholil (Alm)
--- Data di ►1
☀ H.M.Makki Nasir S.Ag  + Khoridatul Bahiyah  Yahya
√ Ayimmata (tabanni)
√ Muhammad Abdul Majid
√ Jazilaturrohmah
☀ H.Achmad Rahbini  +   Siti Romlah Demangan 
√ Nuria Halimatussa’diyah
√ Nurul Badriyah
√ Nuril Asma
√ Muhammad Holil
√ fatimatuzzahro albatul
☀ Fatimah Nasir AR + H.Shohwa Dardiri
√ Muhammad Mu’adz
√ Amroh
√ Umayroh
√ Durroh Mashdufah
☀ Hasyim (nacrul asmadkhon) + Siti zulaikha
√ M Nasrullah
☀ Abd Latief Nasir + Luqmatulhikmah
√ Dewi Lubna Aisyah
√ Aya Shopia Kasih
√ M.Ajayburrohman
☀ Hj.Tsuroyya + H.Abdul Mughni Mujib Sidoarjo 
√ Alwiyatul Mardiyah
√ Abdulloh Joyorogo
√ Abdul Rouf
√ Ahmad Royyan
√ Asma Munaya

Ny Malihah binti KH Yasin

Ny Malihah (alm 12-10-2011) &  KH Anwar Noer (alm 5-11-2007) demangan timur bangkalan 
1. KH. Abdul Karim (alm 24-02-1999)
2. Ny. Fatimah
3. KH. Muhammad Faisol
4. Ny. Rohimah
5. Ny. Ummu Kultsum
6. Ny. Musyri'ah
7. Ny. Ruqoiyah
8. KH. Yahya
9. KH. Muhammad Kholil
10. Hj.Maryam
11. Ny. Maimunah
12. Ny. Zainab ( alm )

☀ KH. Abdul Karim + Ny. Kholifah
     √ H. moh sholeh Umar + Hj. Sholieha Abd. Karim
         ※1. Muhammad Mahin Alaudini
         ※2. Hj.Hurin Ien Fiafidatina + H. Hasan Asror Dahlan
         ※3. Hj. Qurroti A'yun Liafafina + H. Ahmad Nawawi Abd. Hannan
         ※4. Hj. Elok Aisyah Billahi Nuro + H. Ahmad Fadlan Masykuri
         ※5. Muhammad Ali Imron Syaikhul Islam
         ※6. Juwairiyah Sirril Musyahadah
☀ Ny. Fatimah + KH. Abdurrahman (alm 1980)
☀ KH. Muhammad Faisol + Ny. Ummu Kultsum
√ Dimyati + Nur hasanah
   ※1 Aya
   ※2 Nadin
   ※3 Kafa
√ Wawan (juventini sejak jaman majapahit) + Dian nuril arafah 
   ※1 Muhammad anwar mustofa
√ Muhammad imron danie
√ Nur faizah + adi sulaha multazami
   ※1 Badril kamal
   ※2 Huda
☀ Ny. Rohimah + KH. Rofi'i Hasan
√ 1 Abu mansur Rofi'i +nailah mujib
. ※1 Moh sa'duddin Al hasany
. ※2. Moh kholilullah Al hasany
. ※3. Siti azzah Al hasany
. ※4. Badi'atul adawiyah Al hasany
. ※5. Moh halim Al hasany
. ※6. Dewi sekar arum Al hasany
√ 2- Muhajir Rofi'i + Yuhanit Ismail
. ※1. Sarah hasanah
. ※2. Mohammad ismail
. ※3. Samiyah asilah
. ※4. Siti Zainah
√ 3- Anwari Rofi'i + Yusri'ah
. ※1. dzurriyah solihah
. ※2. toyyibatus sariroh
. ※3. Moh Muhaimin gadra toqoh
√ 4- Musyarofah Rofi'i + Mujtaba kholili
. ※1. Abdulloh Mujtaba
. ※2. Karimah Mujtaba
. ※3. Muhsinah Mujtaba
. ※4. Zainal abidin Mujtaba
. ※5. Mohammad Asror Mujtaba
√ 5-Nur hasanah Rofi'i + Dimyati Muhammad
. ※1. Ananda Zahroul 'ashfiyah
. ※2. Nadia mutammimatul'aisy
. ※3. Mohammad zainuddin kafa al murtadlo
√ 6- Nur fadilah Rofi'i + idhomuddin Fadly
. ※1. Mariyatul hidayah
√ 7- Moh Khoiruddin Rofi'i ( Putra Ke Tujuh )
√ 8- Syarifullah Rofi'i
☀ Ny. Ummu Kultsum + KH. Hasan Machfud (alm 2009) Tambak Agung
√ 1- Ahmad 'aly ridlo hasan
√ 2- Firdaus hasah
√ 3- Machmudah hasan
√ 4- Hannah hasan
√ 5- Zubair hasan
√ 6. Moch.kholil hasan (Abu Hasan Khofin Hasan) + Kamilah
   ※1. Tarwiyah Kholil
   ※2. Mutammimah Kholil
   ※3. Hasan Kholil
√ 7- Khoiron hasan
√ 8- Ustman faqih hasan
√ 9- Hasyim hasan
√ 10- Asmaul husna hasan
√ 11- Sahlan mustahal hasan
√ 12- Abd.hamid humaidi hs (Ayatulloh Jiebriel)
√ 13- Salman alfarisi hasan
√ 14- Machmud 'aly wafa hs.
☀ Musri'ah + Zubair Muntashor
√ Abdulloh zubair http://www.facebook.com/profile.php?id=100002689582323&ref=pb
√ Romlah zubair.
√ Hasyim zubair. (Al Handok)
√ Ahmad zubair.
√ Khodijah zubair.
√ Fathur rozi zubair (Abal Fatum) + Hanifah Adzim Kepang Bangkalan
   ※1 Fatimah
√ Hasani zubair
√ Zainal arifin zubair.
√ Nur nadzifah zubair.
√ Fatimatuzzahro zubair (Alm)
√ Ghurrotul qomariyah.
√ Nafisah.
☀ Ny. Ruqoiyah + KH. Zahid Masduqi bujenah pelanggiran tanjung bumi.
√ ahmad faqih+soraya bujenah pelanggiran tanjung bumi.
. ※ husnan mobarok
. ※malehah
. ※fahri
√ roqibah + fardous bujenah
. ※ moh azil
. ※wasi'ah nuril jannah _ ※rosya datul aminah
√ moh toha
√ moh dahlan alfiah DEn Alan
√ robiatul adawiyah
√ kamiliah
√ nurlatifah
√ rohmaniah

☀ KH. Yahya + Ny. Khoiriyah
☀ KH. Muhammad Kholil + Ny. Watsiqotul Ummah
☀ Hj. Maryam + H. Abdullah Balya Demangan Timur
√ 1. Abdul Hamid Panembahan Wetan + Syifa'ul Janan (Bintang Kabeera)
   ※1. Najwa Ma'rufah Ramadhani
   ※2. Muhammad Mutawakkil 'Alalloh
√ 2. Yasin Ronggo Warsito
√ 3. Nur Hanifah + Hasan Fauzi Zubeir
   ※1. Muhammad Nawawi (alm 2008)
   ※2. Nailah Mafaza el Daroini
   ※3. Najih
   ※4. Abdul Majid Iklil
   ※5. Asror
   ※6. Abdul Hakam
   ※7. Ummul Khoir
   ※8. Ahmad Busyro Bois http://www.facebook.com/profile.php?id=100000243043376
   ※9. Dzurrotun Nafisah
   ※10. Ja'far 'Alwi
   ※11. Sa'idul Mubarak 'Atoillah
   ※12. Abdurrahman Khotami
   ※13. 'Umar Syafissudur
   ※14. Ta'tina Mahbubah (alm Mei 2006)
☀ Ny. Maimunah + KH. Roghib Mabrur